Friday, August 18, 2017

Balap Karung Grand Prix

Lomba Karung GP memeriahkan HUT RI ke-72 di Desa Pasuruan, penengahan, Lampung Selatan.
(Firman Luqmanulhakim)

Lapangan di dusun jati sari, desa pasuruan, Penengahan, Lampung Selatan menjadi saksi keceriaan anak anak kampung tersebut pada perayaan HUT RI ke-72 yang jatuh pada Kamis (17/8).

Perayaan HUT RI biasanya diisi dengan berbagai lomba tradisional seperti makan kerupuk, panjat pinang dan lari karung. Suasana pedesaan juga berubah menjadi suasana kemerdekaan yang identik dengan nuansa merah putih. Ornamen dan dekorasi seperti umbul-umbul,  bendera merah putih dan diorama unik bertebaran dilapangan tersebut.

Salah satu yang unik dari perlombaan tersebut, modifikasi lomba lari karung tradisional. Dengan menambahkan kepada peserta satu helm full face menjadi karung GP (Grand Prix). Layaknya pengendara motor ditrack lintasan asli, sambil menggunakan helm, peserta lomba karung GP juga sangat antusias untuk menjadi yang terdepan. Tampak peserta berlomba untuk finish terlebih dahulu dari lawan tandingnya. Tak jarang antara satu peserta lainnya bertabrakan untuk meraih podium juara satu.
Panitia  perlombaan Robby Tri mengatakan istilah karung GP muncul begitu saja dari modifikasi perlombaan yang sudah banyak diterapkan diberbagai daerah di Provinsi Lampung. “ya istilahnya karung GP seperti Moto GP peserta wajib menggunakan helm saat ikut lomba lari karung ini,” ujarnya berseloroh kepada Lampung Post kemarin.

Variasi ini menurut Robby, dilakukan semata mata agar permainan tradisional Indonesia tidak hilang ditelan Bumi. Juga demi keselamatan saat perlombaan. Tawa anak kecil, orang tua dan anak muda pecah saat melihat para peserta adu cepat dan terguling kehilangan keseimbangan. “ya dengan helm ini pertandingan juga berjalan lebih menarik, dan aman tidak ada yang cedera akibat benturan. Para peserta selain fokus pada karung yang dikenakan juga ditambah beban cukup berat dengan helm dikepala,” ujar pria yang hobi bermain futsal ini.


Lomba serupa juga digelar di markas polda Lampung kemarin. kapolda Lampung, Irjen Sudjarno juga turun langsung mengikuti perlombaan karung GP ini. “helm harus diklik agar aman,” kata Sudjarno kepada awak media sebelum memulai lomba kemarin.

Sumber: Lampost.co

0 comments:

Post a Comment